Latih Satpam Tanggap Darurat, PTP Gelar Pelatihan Fire Warden  Class D

Latih Satpam Tanggap Darurat, PTP Gelar Pelatihan Fire Warden Class D

  • Post category:News

PT. Putra Tidar Perkasa, Batam – Dalam memenuhi petugas yang memahami emergency respon di perusahaan khususnya dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran, PT. Putra Tidar Perkasa membuka Firewarden training (pelatihan Pemadam Kebakaran) kelas D yang dilaksanakan selama dua hari bekerjasama dengan PT. Exaudi Bina karya sebagai perusahaan Jasa K3 (PJK3) khusus dibidang lembaga Pembinaan dan Pelatihan K3 di Kota Batam.

Pelatihan Petugas Kebakaran Fire Warden kelas D

Pelatihan Firewarden telah dilaksanakan Selasa pagi kemarin (09/03/2021) di PT. Exaudi Bina karya. Diikuti oleh 16 peserta dari Satpam PTP maupun dari umum.

“Pelatihan firewarden ini kita buka setiap tiga bulan sekali untuk menjawab kebutuhan tenaga kerja kompetensi dibidang penanggulangan kebakaran ditempat kerja.” Ungkap Dwifung WS., CPPS. selaku CEO Tidar Group.

Petugas keamanan dituntut untuk meningkatkan kompetensi diri hal ini guna memberikan kemampuan untuk mencegah kebakaran maupun penanggulangannya.

Selama pelatihan diberikan teori dan praktek langsung menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan).

Mereka yang telah mengikuti pelatihan firewarden bisa masuk Emergency Response Team (ERT) atau Tim Tanggap Darurat di perusahaan tempat kerjanya.

“Mereka yang telah ikut pelatihan menjadi aset penting perusahaan terkait SDM, karna telah memahami peranan dan tugasnya selain itu juga sebagai Satuan Pengamanan.” Tambahnya.

Dimasa Pendidikan dan Pembentukan calon Satpam PTP sudah diberikan materi pemadaman kebakaran hanya saja mereka belum bersertifikasi oleh lembaga wewenang.

Kedepan kita sudah rencanakan para Satpam PT. Putra Tidar Perkasa wajib untuk ikut peningkatan kompetensi firewarden ini dan terbuka untuk umum.

Dengan mengikuti pelatihan ini akan memberikan pengetahuan dasar pencegahan dan penanggulangan kebakaran, serta mempersiapkan petugas dan tenaga kerja untuk menanggulangi kebakaran dalam perusahaan.

Pelatihan ini didasari oleh UU No. 01 th. 1970 tentang Keselamatan Kerja, Permenaker No. 4 th. 1980 tentang Alat Pemadam Api Ringan dan Keputusan Menteri Tenaga Kerja RI No. KEP-186/MEN/1999 tentang Unit Penanggulangan Kebakaran di Tempat Kerja.

“Ketika terjadi kebakaran mereka sudah siap dan paham dengan apa yang mereka lakukan untuk mengatasi kebakaran itu. Jika tidak dibekali dengan training ini, pasti akan repot nantinya. Lebih baik mencegah dari pada harus mengobati” ungkapnya menambahkan.

Hari ke dua dilaksanakan ujian praktek mematikan api dengan menggunakan Apar yang diikuti seluruh peserta pelatihan. Sebelum praktek pemadaman api berlangsung, tim Exaudi sebagai pemberi arahan menjelaskan tatacara dan teknik pemadaman api tersebut.

“Semua peserta pelatihan bisa menggunakan APAR dan berhasil mematikan api yang telah kita simulasikan. Harapan saya, mereka bisa menularkan ilmu yang didapat kepada rekan-rekan sekerjanya. Selain pelatihan Firewarden, kita mengadakan pelatihan First Aider atau Petugas P3K dan pelatihan K3 lainnya yang bisa mendaftar langsung ke PTP” ungkap Sahat Manik selaku pemilik Exaudi Group sekaligus Instruktur dalam pelatihan firewarden ini.

Bagikan informasi ini ke Sosial media Anda, biar mereka tahu apa yang Anda tahu
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •